Headlines News :
Home » , » Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Terintegerasi LRT dan MRT

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Terintegerasi LRT dan MRT

Written By Liputan Jabar on Rabu, 20 Januari 2016 | Rabu, Januari 20, 2016

http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15687.jpg
JAKARTA, (LJ) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan bahwa nantinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan terintegerasi dengan Mass Rapid Transit (MRT) Bandung Raya, dan Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek. Hal ini dikatakannya usai Rapat Terbatas bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan topik "Lanjutan Pembahasan Kereta Cepat", di Kantor Presiden, Jum'at (15/1/16).

Penginteregasian ini, didasarkan pada jumlah penduduk yang besar. Diantaranya, penduduk Jabodetabek yang  kurang lebih 28 juta jiwa, kemudian Bandung Raya delapan juta jiwa. Sehingga diharapkan apabila Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan MRT Bandung Raya, dan LRT Jabodetabek terintegerasi. Maka penyelesaian persoalan transportasi di Jakarta, Bandung dan sekitarnya akan teratasi, karena semuanya saling menunjang.

"Insya Allah minggu depan kita akan rapat dengan Kota Bandung terkait dengan MRT Bandung Raya. Kota Bandung punya konsep, Jawa Barat punya konsep kita integerasikan konsepnya," ujar Aher.

"Hasil rancangan kami, kami serahkan ke KCIC ( PT Kereta Cepat Indonesia Cina). Investor nya KCIC juga jadi satu kesatuan. Konsep yang kami punya sebelumnya, kami integerasikan dengan KCIC. Kita sambungkan rencana Jawa Barat dengan Kota Bandung. Bahwa Kereta Cepat Jakarta Bandung itu akan punya konektivitas dengan MRT Bandung Raya," paparnya.

Selain itu, Ijin Trase siap dikeluarkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Kemudian direncanakan Ijin pembangunan akan selesai 20 Januari 2016. Setelah Ijin selesai, maka groundbreaking kereta cepat yang akan mempunyai rute Gambir (Jakarta) hingga Tegalluar, Bandung sepanjang 150 km ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2016. Tepatnya di kilometer 95, Walini, Kabupaten Bandung Barat.

"AMDAL dalam proses, kalau semuanya lancar, insya Allah ijin pembangunan akan keluar tanggal 20 Januari. Kalau ijin pembangunan selesai groundbreaking akan dilaksanakan 21 Januari 2016," katanya.
Turut hadir pada rapat terbatasi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Gubernur DKI Basuki Tjahya Purmama, Sekda kota Bandung, serta pihak terkait lainnya.(LJ)
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One