Headlines News :
Home » » Ridwan Kamil Terima Kunjungan Dubes Uni Eropa

Ridwan Kamil Terima Kunjungan Dubes Uni Eropa

Written By Liputan Jabar on Jumat, 12 Februari 2016 | Jumat, Februari 12, 2016

Bandung,  -  Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menerima kunjungan duta besar 14 negara Uni Eropa di Balai Kota Bandung, Jumat (12/02/2015). Pertemuan tersebut membicarakan berbagai hal terkait inisiatif pembangunan, peluang kerjasama, antara Kota Bandung dengan Uni Eropa terutama yang berhubungan dengan ekonomi kreatif dan konsep smart city.

Dihadapan para dubes Uni Eropa, Ridwan Kamil memaparkan keunggulan wilayah Kota Bandung dan potensi ekonomi terutama ekonomi kreatif . Sebagai kota metropolis setelah Jakarta, Bandung sangat potensial dan memiliki keunggulan tersendiri.

"jadi kita di Kota Bandung ini, terus menumbuhkan ekonomi kreatif bagi masyarakat. Ini salah satu upaya untuk mengatasi pengangguran," paparnya.

Dijelaskan Ridwan, saat ini pemerintah kota (Pemkot) Bandung telah bekerjasama dengan Facebook dengan memberi ruang untuk mamasarkan produk-produk usaha kecil menengah (UKM) yang diberi nama Bandung Online Store.

"Minggu ini, kami juga akan meluncurkan konten Bandung di Facebook," ujarnya.

Ridwan menginginkan bidang ekonomi kreatif seperti desain produk, fesyen, makanan dan lainnya dapat dijual dan dipasarkan di Bandung Online Store tersebut. Diutarakan Ridwan hal tersebut merupakan bagian dari upaya dan jawaban dari pemkot Bandung dalam era persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Selain ekonomi kreatif, Ridwan juga memaparkan masterplan kota Bandung beberapa tahun kedepan salah satunya Bandung Teknopolis dengan konsep smart city.

"Ini bagian dari smart city, Bandung teknopolis saat ini sedang dalam proses pembangunan dan dipastikan akan menjadi ikon pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia," jelasnya.

Ridwan juga mengajak para negara negara Uni Eropa untuk bekerja sama dan berinvestasi di Kota Bandung.

Sementara itu, duta besar Uni Eropa Vincent Guerend mengaku merasa senang datang ke Bandung.

"Saya dan para kolega Dubes Eropa lain sangat senang datang ke Kota Bandung," katanya.

Vincent menjelaskan, sebuah perkotaan akan menentukan masa depan, di mana hal itu diibaratkan sebagai mesin pertumbuhan dan inovasi. Oleh karena itu, menurutnya hasil kunjungannya ke Pemkot Bandung akan bisa memacu kerja sama lebih lanjut antara Kota Bandung dengan negara negara Uni Eropa.

Tak hanya itu, Vincent mengaku bangga perihal dukungan yang diberikan Kota Bandung atas lahirnya piagam hak asasi manusia (HAM) Kota Bandung yang belum lama ini diluncurkan.

"Kami bangga atas dukungan yang diberikan terkait piagam hak asasi manusia Kota Bandung yang belum ini," katanya.
Usai berdiskusi, sesaat Ridwan pun mengajak para dubes mengunjungi Bandung Comand Center (BCC). 
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One