Headlines News :
Home » » Ini Kemudahan Baru Mendaftar di BPJS Kesehatan

Ini Kemudahan Baru Mendaftar di BPJS Kesehatan

Written By Liputan Jabar on Selasa, 04 April 2017 | Selasa, April 04, 2017

BANDUNG, LipJab - Bagi Anda yang ingin membuat kartu BPJS Kesehatan di Kota Bandung, kini BPJS Kesehatan mencanangkan sistem pendaftaran baru untuk mengurangi jumlah antrian pembuatan BPJS Kesehatan. Sistem yang diberi nama "Dropbox" ini mulai dioperasikan mulai tanggal 1 April 2017 di BPJS Kesehatan Cabang Utama Bandung. Program ini, secara nasional, baru diberlakukan di 20 cabang BPJS Kesehatan, salah satunya di Bandung.

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik, dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Utama Bandung Ika Kartika mengatakan, program ini merupakan solusi atas banyaknya keluhan calon peserta BPJS Kesehatan atas antrian yang begitu panjang sehingga membutuhkan waktu lama untuk mendaftar keanggotaan. Selama ini, masyarakat harus datang sangat pagi untuk mengambil nomor antrian dan menunggu cukup lama untuk mendapatkan pelayanan karena permintaan pelayanan sangat banyak.

"Dropbox ini bisa memotong antrian yang panjang. Jika biasanya masyarakat harus menunggu hingga 2 jam untuk menyelesaikan pendaftaran, kini mungkin cukup hanya 5 menit saja jika persyaratannya sudah lengkap," kata Ika dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Selasa (4/4/2017).

Masyarakat yang akan mendaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan kini hanya tinggal menyiapkan persyaratan berupa Nomor Kartu Keluarga (Foto kopi Kartu Keluarga), Nomor Induk Kependudukan (Foto kopi KTP), Foto kopi rekening tabungan (di Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BTN), menyertakan alamat domisili lengkap, nomor ponsel aktif yang bisa dihubungi, dan alamat e-mail. Calon peserta juga harus sudah memilih Faskes tingkat 1 dan jenis kelas BPJS Kesehatan yang akan digunakan. Seluruh persyaratan bersama formulir pendaftaran dimasukkan ke dalam map dan disimpan ke dalam box yang telah disediakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Bandung, Jl. Pelajar Pejuang 45, Turangga, Kota Bandung.

Setelah persyaratan disimpan di dalam box, calon peserta sudah boleh pulang dan tinggal menunggu konfirmasi dan mendapatkan nomor Virtual Account melalui SMS. Jika ada data yang kurang lengkap, pihak BPJS Kesehatan akan mengonfirmasi secara langsung melalui telepon. Seluruh proses pemasukan data tersebut akan dilaksanakan pada hari yang sama.

Selain di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Bandung, Dropbox ini juga akan diletakkan di kantor-kantor kecamatan dan pusat-pusat perbelanjaan untuk memudahkan masyarakat menjangkau BPJS Kesehatan. Khusus di pusat perbelanjaan, BPJS Kesehatan sudah bisa ditemukan di Bandung Indah Plaza dan Istana Plaza yang letaknya berdampingan dengan pusat informasi, dan akan beroperasi setiap hari mulai pukul 11.00-18.00 WIB.

"Kalau di kecamatan, kami masih melakukan pemetaan, mana saja wilayah yang pesertanya antusias untuk didahulukan," ujar Ika.

Namun demikian agar tetap memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, BPJS Kesehatan memiliki Mobile Care yang datang ke pusat-pusat aktivitas masyarakat, seperti pasar dan kantor kecamatan..

Ika juga menginformasikan bahwa mulai tanggal 1 September 2016, peserta BPJS Kesehatan juga hanya dibekali 1 virtual account untuk satu keluarga. Menurut Ika, itu akan memudahkan bagi peserta untuk membayarkan iuran dalam satu virtual account saja.

Metode pembayaran pun bisa dilakukan dengan banyak cara, yakni bisa melalui bank yang ditunjuk dan melalui online payment di agen-agen terdekat. Pembayaran melalui bank bisa dilakukan melalui teller maupun ATM di Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BTN. Sedangkan online payment bisa dilakukan di Kantor Pos, Alfamart, Indomaret, Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif), dan Circle K.

"Perlu diingat, pembayaran iuran setiap bulannya maksimal dilakukan pada tanggal 10," pesan Ika. 
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One