Headlines News :
Home » , » Disdik Jabar Telusuri Isu Beredarnya Soal USBN

Disdik Jabar Telusuri Isu Beredarnya Soal USBN

Written By Liputan Jabar on Rabu, 21 Maret 2018 | Rabu, Maret 21, 2018

Bandung, LiputanJabar - Isu kebocoran soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SMA dan SMK di Jawa Barat diakui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Ahmad Hadadi. Bahkan dirinya sudah mendapatkan beberapa laporan terkait hal tersebut.

“Dugaan kebocoran soal dan kunci jawaban UASBN jadi pembicaraan di media sosial. Bahkan beberapa aduan masuk ke media sosial resmi Disdik Jabar,” katanya, Rabu (21/3/18).

Hadadi mengatakan Disdik Jabar segera menindaklanjuti hal tersebut. Hadadi langsung berkunjung ke sekolah sekaligus memantau pelaksanaan UASBN. Salah satu sekolah yang didatangi Hadadi di antaranya, SMA Negeri 15 Bandung.

“Kami akan menelusuri di mana yang bocor. Kita akan mengkonfirmasi kepada kepala sekolah dan siapa yang bertanggung jawab dalam pendistribusian soal tersebut,” ujarnya.

Hadadi menyebutkan, hasil sidak di SMA Negeri 15 Bandung tidak ditemukan adanya kebocoran soal. UASBN di SMA Negeri 15 Bandung dinilai berjalan baik. Kendati demikian, ia menegaskan akan memberikan sanksi tegas jika isu kebocoran soal ini benar terjadi.

“Kami akan menindak berupa upaya penegakan disiplin. Terutama kepala sekolah yang bertangggungjawab. Peringatan ini, akan memberikan penjeraan sehingga tidak melakukan hal yang sama,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 15, Hatta Saputra, meyakinkan peserta didik untuk dapat melakukan USBN dengan sebaik-baiknya. Dia meyakini UASBN kali ini akan berjalan dengan lancar. “Hindari kepercayaan keyakinan memperoleh jawaban dari pihak lain. Percaya diri saja,” katanya.

Pelaksanaan UASBN sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 19-28 Maret 201. (red/**)
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One