Headlines News :
Home » , , » Kota Bandung Raih Predikat Kota Ramah Sepedah Terbaik

Kota Bandung Raih Predikat Kota Ramah Sepedah Terbaik

Written By Liputan Jabar on Selasa, 21 Desember 2021 | Selasa, Desember 21, 2021

BANDUNG -- Komunitas sepeda Bike to Work (B2W) Indonesia memberikan penghargaan kepada Kota Bandung sebagai kota metropolitan ramah sepeda terbaik II. 

Penghargaan ini diserahkan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik kepada Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dari pada acara B2W Indonesia Award Kota Ramah Sepeda Tahun 2021 di Ballroom Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Desember 2021.

Selain Kota Bandung, DKI Jakarta dan Kota Surabaya juga memperoleh penghargaan serupa.

Yana mengatakan animo bersepeda masyarakat Kota Bandung cukup tinggi, oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berusaha untuk memfasilitasi sarana dan prasarana para penggiat sepeda.

"Di Kota Bandung terjadi euforia bersepeda. Animo tersebut kami (Pemkot Bandung) fasilitasi dengan membuat berbagai infrastruktur khususnya jalur-jalur sepeda. Sehingga harapannya penggiat sepeda di Kota Bandung bisa bersepeda dengan aman dan nyaman," ungkap Yana.

Yana pun mengucapkan syukur atas apresiasi yang diberikan oleh komunitas Bike To Work Indonesia kepada Pemkot Bandung.

Atas capaian tersebut, Yana berharap semakin banyak masyarakat Kota Bandung yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi publik.

"Sehingga dapat mengurai kemacetan, mengurangi polusi. Insyaallah warga Kota Bandung semakin sehat," tuturnya.

Pada kesempatan itu Yana mengimbau kepada pesepeda semakin tertib dalam berlalu lintas dan tak lupa untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi menerangkan, usulan penambahan jalur sepeda sudah berjalan dan setiap tahunnya akan ada penambahan jalur.

Hal ini sebagai salah satu strategi pendekatan dan memancing masyarakat untuk menjadikan bersepeda sebagai kegiatan keseharian masyarakat.

"Melalui usulan yang disampaikan, program dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung itu sudah berjalan terus dan setiap tahun menambah panjang dari jalur sepeda," katanya.

"Komunitas juga sudah bergerak. Terlebih secara khusus DPU sudah mempunyai agenda untuk satu hari bersepeda di hari selasa," imbuh Didi yang juga menjabat sebagai salah satu Dewan Penasehat Bike To Work Indonesia.

Selanjutnya, untuk menunjang fasilitas bersepeda khususnya bagi anak-anak, atas arahan Plt. Wali Kota Bandung, DPU berencana membuat ruang bermain sepeda anak di Kota Bandung. 

***
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One