Headlines News :
Home » , , » Lembah Tangga 101, Ruang Publik dan Destinasi Wisata Baru Kota Bandung

Lembah Tangga 101, Ruang Publik dan Destinasi Wisata Baru Kota Bandung

Written By Liputan Jabar on Rabu, 26 Januari 2022 | Rabu, Januari 26, 2022

BANDUNG - Ruang publik di Kota Bandung kini semakin bertambah. Terbaru yaitu Lembah Tangga 101 yang terletak di Kelurahan Cisurupan, Cibiru.


Destinasi wisata ini hadir berkat kolaborasi Pemkot Bandung, Sektor 22 Citarum Harum, dan Persada (Persaudaraan Akabri) 92.


Tak hanya sebagai destinasi wisata, Lembah Tangga 11 juga merupakan bagian dari upaya Pemkot Bandung membuat daerah resapan.


"Hadirnya Lembah Tangga 101 merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung dalam mengurangi banjir lewat penataan kawasan Bandung Utara," ucap Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana di sela-sela peresmian Lembah Tangga 101, Rabu 26 Januari 2022.


Lembah Tangga 101 ini memiliki luas lahan sekitar 1 hektar. Ada sekitar 1.180 pohon yang ditanam di kawasan ini. 


Jumlah tersebut merupakan gabungan 580 pohon dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, ditambah sumbangan 600 pohon dari Persada 92 serta sumbangan dari warga Kota Bandung, Kartini.


Sejalan dengan upaya pencegahan banjir, Yana menyebut upaya yang dilakukan Pemkot Bandung secara teknik yaitu dengan memarkir air. 


Dengan begitu, kelebihan air saat musim hujan tidak akan menyebabkan banjir. Kelebihan air tersebut juga menjadi sumber cadangan air di musim panas.


Selain penataan ini, Yana mengigatkan upaya pencegahan banjir di rumah masing-masing bisa dilakukan dengan cara membuat drumpori. 


Drumpori merupakan cara menampung air khususnya di musim hujan dengan medium drum yang disodet dan ditanam di tanah.


"Saya mengaplikasikannya di rumah pribadi. Hasilnya, saat hujan, air talang tidak membanjiri rumah. Begitu pula saat musim kering, sumur air di rumah saya sampai tetangga pun tidak kering," ujarnya.


Sementara itu Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi menyebut hadirnya Lembah Tangga 101 merupakan upaya menghadirkan ruang publik bagi masyarakat Kota Bandung. Hal ini sejalan dengan salah satu visi Pemkot Bandung dalam menghadirkan kota yang nyaman.


"Saya percaya kota yang sehat adalah kota yang punya banyak ruang publik," ujar Didi.


Dalam kesempatan yang sama, Dansektor 022 Citarum Harum Kolonel Infanteri Epi Gustiawan mengapresiasi kerja sama Pemkot Bandung, Citarum Harum, dan juga Persada 92. Ia berharap kolaborasi ini terus dijaga dalam membangun Kota Bandung.


Sebagai informasi, acara peresmian Lembah Tangga 101 juga dibarengi kegiatan santunan kepada 150 warga terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Cibiru. Santunan ini bersumber dari Persada 92 yang didistribusikan melalui Pemerintah Kota Bandung.

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One