Headlines News :
Home » , , » Jelang Nyepi, Pemkot Bandung Pastikan Kenyamanan Beribadah

Jelang Nyepi, Pemkot Bandung Pastikan Kenyamanan Beribadah

Written By Liputan Jabar on Kamis, 24 Februari 2022 | Kamis, Februari 24, 2022

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan seluruh masyarakat beragama di Kota Bandung mendapat kenyamanan beribadah sesuai kepercayaan yang dianut. Hal itu disampaikan Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam acara silaturahmi bersama umat Hindu di Pendopo Kota Bandung, Rabu 23 Februari 2022.


Silaturahmi ini berkaitan dengan perayaan Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1444 yang tinggal menghitung hari.


Yana menyebut, silaturahmi ini merupakan kebiasaan yang sudah lama dibangun Pemkot Bandung. Yakni menjelang perayaan atau hari besar keagamaan, Pemkot Bandung bersilaturahmi dengan tokoh agama yang ada di Kota Bandung.


"Saya ucapkan terima kasih kepada saudara-saudara, umat Hindu yang ada di Kota Bandung yang telah membantu pemerintah membangun Kota Bandung dari yang sudah baik menjadi semakin baik," ucap Yana.


Ia berharap silaturahmi antar umat beragama di Kota Bandung semakin erat lagi. Hal ini juga sejalan dengan salah satu visi Kota Bandung yakni agamis dan setiap masyarakat Kota Bandung mendapat kebebasan dan kenyamanan beribadah sesuai agama yang mereka anut.


Dalam kesempatan yang sama, I Ketut Wiguna selaku Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkot Bandung yang sudah mengayomi umat Hindu di Kota Bandung. 


Pihaknya mengaku senang bisa terus bersilaturahmi dengan jajaran Pemerintah Kota Bandung.


Lebih lanjut lagi, ia menjelaskan Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka adalah hari raya yang sangat disucikan oleh penganut agama Hindu.


"Nyepi adalah satu titik balik karena kita punya kesempatan melakukan introspeksi, kontemplasi, dan meditasi untuk sama-sama bertumbuh menjadi lebih baik," ucap Ketut.


Ia juga menjelaskan semangat dalam agama Hindu adalah membangun harmoni. Baik itu harmoni kepada Sang Pencipta, sesama makhluk, dan alam semesta.


"Mudah-mudahan kontribusi umat Hindu dalam membangun harmoni menjadi inspirasi dalam pertemuan ini, dalam rangka membangun harmoni dalam kehidupan. Sehingga kehadiran tiap agama  ialah untuk saling menyapa, bukan menyalahkan," katanya.


Acara silaturahmi tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, Ahmad Suherman, para tokoh agama di Kota Bandung dan juga jajaran TNI, POLRI, serta Pemerintah Kota Bandung.


***

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One