Headlines News :
Home » , , , » Ridwan Kamil: SMKN 1 Mundu Siap Hadapi Ekonomi Maritim

Ridwan Kamil: SMKN 1 Mundu Siap Hadapi Ekonomi Maritim

Written By Liputan Jabar on Jumat, 04 Februari 2022 | Jumat, Februari 04, 2022


CIREBON, LiputanJabar -
 Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan mengatakan, akan hadir 4 juta lapangan pekerjaan dengan 13 kota industri, salah satunya berbasis maritim di Patimban. Sehingga, SMKN 1 Mundu kami siapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Hal itu dikatakannya usai meresmikan Gedung Ruang Praktik Siswa (RPS) di Kampus 2 SMKN 1 Mundu Kabupaten Cirebon, Jumat 4 Februari 2022.

Gubernur mengapresiasi program kemaritiman di SMKN 1 Mundu. Usaha tersebut dinilai sebagai persiapan SMK menghadapi ekonomi maritim di wilayah Segitiga Rebana

Gubernur menjelaskan, bidang kemaritiman memiliki potensi ekonomi yang besar. Mulai dari pangan, kemaritiman di bidang pelayaran, teknologi, logistik hingga manajemen. “Sehingga, tugas SMK itu enggak boleh kaku, jangan kata kita. Industri bergerak ke mana, kita harus ikuti,” jelasnya.

Gubernur pun mendorong SMKN 1 Mundu untuk melakukan digitaliasi dalam dunia perikanan. Sebab, saat ini semua bidang sudah disentuh oleh digital, selaras dengan deklarasi Jabar sebagai provinsi full digital di Indonesia. “Kalau ini berhasil, kita baru bisa sebut Jabar Juara karena SMKN 1 Mundunya juara,” tegasnya.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi, Gubernur meninjau gedung RPS sebagai ruang penelitian penyakit ikan, pembuatan aquascape, dan budi daya ikan hias. Di kampus 2 pun terdapat bioflok sebagai teknologi budi daya ikan, pembuatan pakan serta gedung pascapanen.

Kampus tersebut dikelilingi tujuh kolam ikan. Lima kolam untuk pembesaran kolam dan ikan, satu kolam pendederan/penaran serta satu reservoir/tandon. Gubernur juga berkesempatan memanen ikan nila dan udang di salah satu kolam. ***

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One