Headlines News :
Home » , » Pemkot Bandung Resmikan KAmpung Wisata Pasirkunci

Pemkot Bandung Resmikan KAmpung Wisata Pasirkunci

Written By Liputan Jabar on Senin, 24 Oktober 2022 | Senin, Oktober 24, 2022

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menambah kampung kreatif. Kali ini Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci yang berada di kaki Gunung Manglayang tepatnya di Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Ini merupakan kampung wisata Kreatif keenam yang diresmikan.

Sebelumnya telah ada Kampung Wisata Kreatif Braga, Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Kampung Wisata Kreatif Binong Jati, Kampung Wisata Kreatif Cinambo, dan Kampung Wisata Kreatif Cigondewah.

"Hari ini kita bisa mengaktivasi kampung wisata kreatif keenam dari 8 yang harus diaktivasi," kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat meresmikan aktivasi Kampung Wisata Kreatif Pasirkunci, Senin, 24 Oktober 2022.

Di Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci ini pengunjung bisa melihat Kota Bandung ditemani keindahan kebudayaan masyarakatnya.

Di kawasan tersebut, Pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. 

Pengunjung bisa menikmati udara sejuk di bawah kaki gunung Manglayang dibarengi pertunjukan dari anak-anak sekitar yang memainkan permainan tradisional. 

Selain itu, pengunjung bisa sepuasnya berswafoto dengan latar belakang Kota Bandung.  

Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci menjadi satu lagi prospek ekonomi kreatif di bidang pariwisata yang diyakini mampu mendongkrak perekonomian.

Yana mengatakan, sektor Pariwisata berperan cukup besar pada pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Bandung. 

Untuk itu, ia meminta aktivasi ini dimanfaatkan untuk pegembangan potensi seni budaya secara konsisten untuk mendorong wisatawan hadir.

"Saya berharap bukan hanya dibentuk terus diam, kami dorong diaktivasi, potensi seni budaya di wilayah ini luar biasa, tinggal bagaimana kita aktivasi secara tematik disini, dan paling penting konsistensi," ujarnya.

Selain itu, Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci juga menjadi ruang terbuka bagi anak-anak untuk bermain.
 
Belum lagi, tempat ini menjadi wahana pas untuk pelestarian kebudayaan tradisional yang dewasa ini semakin terhimpit kebudayaan modern di hati masyarakat.
 
Ia berpesan, agar seluruh stakeholder di Ujungberung menjaga Kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci. Sehingga pengunjung akan semakin banyak berdatangan.
 
"Kalau sudah konsisten dan ramai dikunjungi sangat banyak ikutannya, ekonomi akan tumbuh apalagi setelah pandemi. Sektor pariwisata menyumbang cukup besar pada PAD kota Bandung. Jadi harus konsisten," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, aktivasi Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci ini merupakan turunan dari RPJMD Kota Bandung. Salah satunya pengembangan kampung wisata di kota Bandung sebanyak 8 kampung wisata.

"Sebelumya sudah ada 5 kampung wisata kreatif  yakni Braga, Cigadung, Binong jati, cigondewah, Cinambo, terbaru pasir kunci kecamatan Ujungberung," kata dia.

Ia mengatakan, Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci akan difokuskan untuk pengembangan budaya dan pusat permainan anak.

"Kawasan kreatif ini akan difokuskan untuk pengembangan budaya bagi permainan anak anak. Salah satu budaya yakni seni reak. Ini untuk mewujudkan Bandung melalui seni budaya seni kreatif dengan melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai stakeholder," katanya.

Ia menyebut, dua kampung wisata kreatif lainnya akan diaktivasi tahun 2023 mendatang yakni Kampung Wisata Kreatif Gedebage dan Kampung Wisata Kreatif Cibaduyut.

"Sedang berjalan insyaallah tahun 2023," katanya.

Hadirnya Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci ini disambut baik oleh warga. Salah satunya diungkapkan Tokoh masyarakat Pasir Kunci, Wawan.

Ia menghaturkan terima kasih atas diaktivasinya Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci. Ia berharap akan ada keberlanjutan dari program pengembangan seni budaya terutama di wilayah Pasir Kunci.

"Kami sangat bangga, dengan launching ini. Kami ingin ada keberlanjutannya. Karena potensinya ada, di kiri kita ada pemandangan Gunung Manglayang, dibawah view kota. Ini harus dimanfaatkan," ujarnya. 
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One