Headlines News :
Home » , , » Gagal Ginjal Akut pada Anak Tertangani, Warga Diimbau Tetap Waspada

Gagal Ginjal Akut pada Anak Tertangani, Warga Diimbau Tetap Waspada

Written By Liputan Jabar on Rabu, 02 November 2022 | Rabu, November 02, 2022

BANDUNG - Kasus gagal ginjal akut pada anak domisili Kota Bandung berada di angka nol. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung dr. Ira Dewi Jani dalam Bandung Menjawab, Selasa 2 November 2022.

Ia menyebut sempat ada 13 kasus gagal ginjal akut pada anak yang dilarikan ke dua rumah sakit di Kota Bandung (12 kasus ke Rumah Sakit Hasan Sadikin dan 1 kasus ke Rumah Sakit Hermina). Namun, dari ke-13 pasien, hanya satu anak yang berdomisili Kota Bandung.

"Tidak ada yang dalam perawatan, karena yang satu itu kasus di bulan Agustus, dan sekarang anaknya sudah sehat," ujarnya.

Lebih lanjut terkait penggunaan obat sirup anak, Ida menyarankan kepada warga Kota Bandung untuk terus memperbarui informasi melalui laman resmi BPOM RI. Sebagai informasi, saat ini BPOM telah mengeluarkan edaran keenam terkait penggunaan obat sirup untuk anak.

Ira juga mengimbau, kepada masyarakat untuk tidak panik bila sang anak mengalami gejala mirip gagal ginjal akut pada anak.

"Tetap tenang, jangan panik. Namun juga tetap waspada," pesannya.

Ia menyampaikan kiat agar masyarakat sama-sama bisa menghindari dampak negatif dari penyakit ini. Pertama, ia mengajak masyarakat rajin memperbarui informasi terkait gagal ginjal akut pada anak.

Lalu, ia berpesan kepada orang tua agar tak ragu membawa sang anak ke fasilitas layanan kesehatan apabila menemui gejala gagal ginjal akut pada anak. Sebagai pengingat, ini gejalanya:

1. Diare,
2. Muntah,
3. Demam selama 3 – 5 hari,
4. Batuk & Pilek,
5. Jumlah air seni yang semakin sedikit, bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali.

"Bawa langsung ke faskes terdekat, biar nanti petugas yang mendiagnosa apakah anak ini menderita gagal ginjal akut atau bukan," katanya.

Terakhir, Ira mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung untuk memperhatikan penggunaan obat bagi anak.

"Sebisa mungkin gunakan obat sesuai rekomendasi petugas kesehatan," pesannya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One