Headlines News :
Home » » Belajar Smart City, Pemkot Binjai Kunjungi Kota Bandung

Belajar Smart City, Pemkot Binjai Kunjungi Kota Bandung

Written By Liputan Jabar on Kamis, 28 Januari 2016 | Kamis, Januari 28, 2016

Bandung, LJ -  Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial menerima kunjungan kerja pemerintah Kota (pemkot) Binjai, di Ruang Tengah Pemerintah Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kamis (28/01/2015).
Kunjungan kerja pemkot Binjai yang didampingi langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kota Binjai, Riadil Akhir Lubis, bertujuan untuk lebih mengetahui langkah-langkah strategis pemkota Bandung dalam mewujudkan dan mengembangkan Smart City. "Kami ingin mewujudkan  Kota Binjai menjadi kota pintar seperti Kota Bandung," kata Riadil.
Lebih lanjut dikatakan Riadil, meskipun luas wilayah dengan Sumber Daya Manusia tak sebesar Kota Bandung, pihaknya ingin merintis konsep Smart City. "Hari ini kami ingin belajar bagaimanan untuk mewujudkan smart city, kami ingin belajar dari Bandung. Seperti apa yang harus disiapkan dengan kondisi saat ini, dan seperti apa kedepannya kota bandung menyiapkan smart city," ujarnya.
Sementara itu, dikatakan Oded pemkot Bandung menyambut baik kunjungan pemkot Binjai dan sangat terbuka untuk saling belajar dan berbagi informasi khususnya untuk konsep smart city. "Kami sangat terbuka, kami siap berbagi apa saja informasi yang dibutuhkan Kota Binjai terutama tentang smart city," kata Oded.
Oded menjelaskan dengan luas wialyah Kota Bandung yang  kurang lebih 16 ribu hektar, dengan jumlah 30 kecamatan, 151 Kelurahan, pemkot Bandung ingin tetap mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat, maka dari itu pemkot Bandung menerapkan konsep desentralisasi.
Selain desentralisasi, kolaborasi diterapkan di masyarakat, pemkot Bandung mengajak semua elemen masyarakat untuk bekerja sama membangun kota, termasuk dengan cara memberikan kewenangan lebigh kepada tiap tiap kecamatan.
Melengkapi tiga pilar dalam membangun Bandung, selain desentralisasi dan kolaborasi, pemkot Bandung memacu untuk terus berinovasi dalam bekerja.
"Terkait dengan masalah smart city dibantu SKPD dan Diskominfo sebagai leading sektor, untuk sistem IT ini menjadi garda terdepan luar biasa, kami sekarang sudah memiliki Bandung Comand Centre yang merupakan pusat bagaimana kita mengevaluasi kegiatan-kegiatan di Kota Bandung, termasuk di kecamatan, beberapa sudah memiliki Comand Centre," jelasnya.
Lanjut Oded, langkah tersebut dalam rangka mempermudah kerja, karena dengan pola smart city tersebut sangat membantu.
Hal senada dikatakan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Asep Cucu Cahyadi yang mengatakan Smart City merupakan instrument untuk menunjang kota ini untuk bisa melakukan percepatan terhadap pelayanan dan kinerja pemerintahan.
"Smart city ini terkait bagaimana sistem teknologi informasi bsia mambantu kita melakukan akselerasi agar 3 pilar tadi terintegrasi dan berjalan dengan baik," ujar Asep.
Smart city tidak terlapas dari e goverment. Hal itu sangat penting karena informasi yang tentu dibangun melalui instrumen teknologi, dan di Kota Bandung mencoba menyusun road map supaya apa yang dituju Kota Bandung ini sebagai Bandung Juara bisa tewujud.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One