Headlines News :
Home » , » Oded Beri Nama Harimau Benggala Betina 'Donggalah'

Oded Beri Nama Harimau Benggala Betina 'Donggalah'

Written By Liputan Jabar on Jumat, 05 Oktober 2018 | Jumat, Oktober 05, 2018

Bandung, Liputanjabar - Wali Kota Bandung, Oded M Danial memberi nama harimau benggala yang lahir di Bandung Zoo, Donggalah. Donggalah merupakan harimau betina yang lahir pada 22 Agustus 2018 lalu.

"Saya diminta untuk memberi nama. Lalu saya teringat peristiwa gempa-tsumani di Donggala Sulawesi Tengah. Jadi saya saya terpikir nama Donggala. Namun karena ini betina maka saya tambahkan 'H' menjadi Donggalah," kata Oded saat menghadiri serah terima donasi dari Cee4life ke Bandung Zoo, Kamis (4/10/2018).

"Nama ini juga saya sandarkan untuk peristiwa gempa di Donggala. Di masa akan datang, nama itu juga menjadi pengingat ada peristiwa gempa Donggala," lanjutnya.

Oded sangat berharap, para keeper Zoo Bandung dapat merawat Donggalah dengan baik. Terlebih Donggalah merupakan  harimau betina. Sehingga suatu saat nanti bisa memiiki keturunan.

Tak hanya Donggalah, Oded juga meminta kepada pengelola Bandung Zoo agar terus memelihara koleksi binatang lainnya. masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya masih sangat mengharapkan kehadiran Bandung Zoo.

"Jaga dan pelihara terus kebun binatang ini. Bagi warga yang berkunjung, saya jugaminta agar mentaati aturan yang ada. Jangan sampai peristiwa yang lalu-lalu terjadi kembali. Tidak boleh ada yang menyakiti binatang," pinta Oded.

Perlu diketahui, Donggalah adalah harimau asal India. Benggala ini lahir dari jantan Sharu Khan dan betina Syla. Ia lahir dari bersama dengan satu ekor lainnya. Namun hanya satu ekor yang selamat karena satu ekor dimakan induknya pada saat lahir.

Donggalah Lahir menjelang subuh pada Kamis 22 Agustus 2018. Saat lahir beratnya kurang dari satu kilogram. Diambil dari induknya kemudia dirawat bagian nursery untuk disusui dan dihangatkan sesuai kebutuhan.

Berkat ketelatenan para "keeper", kini Donggalah sudah bisa berjalan.

Kedua induk ini juga melahirkan dua ekor benggala tahun lalu. Dan kini kedua anaknya sudah mencapai satu tahun lebih.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One