Headlines News :
Home » , , » Gandeng BPBD KBB, SMAN 1 Padalarang Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Gandeng BPBD KBB, SMAN 1 Padalarang Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Written By Liputan Jabar on Kamis, 16 Februari 2023 | Kamis, Februari 16, 2023

 


KBB, LiputanJabar - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Padalarang menggelar simulasi penanganan bencana, Rabu (15/2/2023). Berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), seluruh warga sekolah diedukasi tentang langkah-langkah penanganan bencana.

Kepala SMAN 1 Padalarang, Lina mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program tetap sekolah untuk mewujudkan sekolah tanggap bencana. Sebab, secara strategis, Kabupaten Bandung Barat termasuk daerah rawan bencana.

“Padalarang itu pertemuan antara sesar Lembang dan sesar Cimandiri, itu merupakan kerawanan yang sangat tinggi. Sehingga, harus diutamakan pengetahuan bagi warga sekolah agar bisa tanggap dalam menghadapi bencana,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Lina berharap, siswa dapat menyebarluaskan pengetahuan tersebut kepada masyarakat. “Ada hal yang berguna untuk dia (siswa) dan saya berharap mereka dapat memberikan pengetahuan tersebut supaya bermanfaat kepada masyarakat sekitar,” harapnya.

Lina menambahkan, simulasi tanggap bencana ini juga menciptakan suasana sekolah yang aman, nyaman, dan menyenangkan dengan memanfaatkan ruang terbuka dalam proses pembelajaran. 

Salah seorang siswa, Nazwa Gracelia pun mengaku simulasi ini memberikan pengalaman baru bagi dirinya. Ia merasa program seperti ini penting dilaksanakan. “Karena, akhir-akhir ini sering terjadi bencana. Apalagi pelajaran seperti ini kurang diberikan di pembelajaran secara umum” ungkap siswa kelas XII IPS 2 ini.

Hal serupa disampaikan Kepala Seksi Pencegahan BPBD KBB, Ate Suherman. Menurutnya, sosialisasi dan simulasi tanggap bencana ini penting dilakukan kepada siswa, bahkan didukung dengan adanya peraturan daerah. “Kami juga ada SK Pergub terkait satuan bencana. Memang kegiatan seperti ini diharuskan,” tegasnya. 

Saat ini, lanjutnya, para siswa mengikuti mitigasi bencana tahap satu. "Dalam pelatihan selanjutnya, para siswa akan mengikuti mitigasi bencana tahap lanjut," pungkasnya.***

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One