Headlines News :
Home » » Dadang: Tegalega dan Baksil Akan Segera Dibenahi

Dadang: Tegalega dan Baksil Akan Segera Dibenahi

Written By Liputan Jabar on Selasa, 12 April 2016 | Selasa, April 12, 2016

Bandung, LipJab - Kondisi Lapangan Tegalega dan hutan kota Babakan Siliwangi kerap dikeluhkan masyarakat Kota Bandung karena dinilai kurang terawat. Menjawab kerisauan tersebut, Dadang Darmawan selaku Kabid Pertamanan memaparkan rencana penataan taman konservasi Tegalega kepada para awak media pada kegiatan Bandung Menjawab yang dilaksanakan di Ruang Media Lounge, Selasa (11/4).


Saat ini, penataan taman konservasi Tegalega sedang dalam tahap penyelesaian Detail Engineering Design (DED). Terdapat lima pekerjaan yang akan dilaksanakan. Pertama, area lapangan upacara yang akan ditingkatkan kualitas materialnya, dari paving block menjadi granit. 

Kedua, membuka pagar yang menghadap ke Jalan Peta dan melakukan penataan ulang. Ketiga, pembuatan amphitheater. Keempat, pembuatan museum mini yang akan diisi dengan koleksi awetan binatang, serta kelima, kolam air dangkal yang konsepnya seperti Teras Cikapayang.


"Target kita di bulan November ini pembangunan di Tegalega selesai," tutur Dadang.
Direncanakan, penataan taman konservasi Tegalega seluas 7,6 ha ini akan menghabiskan dana 19 Milyar rupiah.


Selain itu, Bidang Pertamanan juga akan melakukan revitalisasi Hutan Kota Babakan Siliwangi. Seperti halnya di Tegalega, revitalisasi Babakan Siliwangi juga masih dalam tahap penyelesaian DED. Revitalisasi rumah-rumah seni akan dilakukan untuk mendukung kreativitas para seniman yang berkarya di rumah seni tersebut. Di Babakan Siliwangi juga akan dibangun jembatan setinggi kurang lebih 2,6 meter dan sepanjang 2 km mengelilingi Babakan Siliwangi.


"Nantinya, kita bisa melihat keindahan Babakan Siliwangi dari atas," tutur Dadang.
Penataan Babakan Siliwangi yang akan menghabiskan dana 15 Milyar ini juga akan dibuat bangunan yang menyerupai candi yang berfungsi tidak hanya untuk dekorasi tetapi juga untuk melindungi mata air yang terdapat di tengahnya. Materialnya dibuat dari batu bata. Konsepnya diselaraskan dengan Teras Cikapundung.

"Selama ini kan kondisi mata air itu kurang terawat. Makanya kita buat biar lebih nyaman," tambah Dadang.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One