Headlines News :
Home » » Kota Bandung Raih Indonesia Digital Economy Award 2016

Kota Bandung Raih Indonesia Digital Economy Award 2016

Written By Liputan Jabar on Kamis, 12 Mei 2016 | Kamis, Mei 12, 2016

Bandung, LipJab - Kota Bandung mendapatkan penghargaan juara pertama Indonesian Digital Economy Award 2016 kategori Kota diikuti Kota Bogor sebagai juara dua, dan tanggerang juara tiga dalam perhelatan Jakarta Marketing Week (JMW) 2016 di Mal Kota Casablanca, Jakarta, (Rabu 11/5/2016).


Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara kepada Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.


Ridwan mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi Kota Bandung dalam upaya mewujudkan Bandung Smart City.
"Alhamdulilah apresiasi ini untuk masyarakat Bandung, kita pemkot (pemerintah kota) berupaya mencari solusi dengan teknologi untuk menjawab permasalahan kota," jelas Ridwan.


Ridwan mengtakan dalam membangun Smart City, teknologi bukan lagi menjadi sekedar gaya melainkan lebih kepada suatu kebutuhan.
"Dalam membangun Smart City ini, teknologi ini bukan lagi untuk gaya-gayaan, akan tetapi sudah menjadi suatu kebutuhan," ujarnya.


Lebih lanjut, Ridwan mengatakan untuk mewujudkan konsep Smart City, setidaknya diperlukan ragam aplikasi sebanyak permasalahan yang ada di suatu kota. 
"Saat ini, Bandung baru memiliki 300an lebih aplikasi untuk menjawab permasalahan kota, dibandingkan dengan Singapura yang sudah memiliki 1000an aplikasi, tentu kita masih jauh," ujarnya.


Menurutnya, akan lebih efisien dan efektif jika anggaran belanja tiap kota untuk aplikasi Smart City ini dikoordinasikan secara terpusat oleh pemerintah pusat. 
"Misalnya saja, aplikasi yang bagus di Bogor bisa saja di terapkan di Bandung, begitu sebaliknya, aplikasi yang bagus di Bandung bisa diterapkan di Bogor, intinya saling berbagi." terangnya. 
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One