Headlines News :
Home » » HUT ke-50 Ksatria Usadhatama, Di Buka Sekda Kota Bandung

HUT ke-50 Ksatria Usadhatama, Di Buka Sekda Kota Bandung

Written By Liputan Jabar on Minggu, 16 April 2017 | Minggu, April 16, 2017

BANDUNG, LipJab - Ksatria Usadhatama Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kota Bandung merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dengan menggelar berbagai kegiatan, mulai dari seminar dan lokakarya hingga pertandingan yang mengasah kreativitas. Kegiatan Gebyar HUT Ksatria Usadhatama dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung sekaligus selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung Yossi Irianto di Lapangan Lodaya, Minggu (16/4/2017).

Sebanyak 867 orang Pramuka Penegak dan Pandega dari 32 Gugus Depan di 30 Kwartir Ranting terlibat dalam perhelatan akbar tersebut. Mereka akan mengikuti kegiatan yang berlokasi di tiga titik, yaitu Taman Pramuka, Lapangan Futsal Ciujung, dan Taman Tegalega.

Di Taman Pramuka, akan digelar berbagai lomba kepramukaan, diantaranya adalah desain pioneering. Para peserta akan berpacu membangun menara dari tongkat bambu. Kecepatan, keindahan, dan ketelitian menjadi penilaian utama. Di lokasi yang sama, ada pula lomba Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB).

DKC Kota Bandung juga mengadakan lomba futsal yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Ciujung. Pertandingan itu dimaksudkan agar mempererat persaudaraan antar Pramuka Kota Bandung dan memupuk nilai sportivitas. 
Selain itu, para Purna DKC Kota Bandung juga turut berpartisipasi dengan memberikan materi seminar dan workshop. Tema-tema yang diangkat tidak hanya seputar kepramukaan, tetapi juga kepemimpinan, psikologi, dan keorganisasian.

Hal itu sejalan dengan visi Pramuka Kota Bandung yang diusung Ketua Kwartir Cabang Kota Bandung Yossi Irianto. Ia ingin mendesain pendidikan Pramuka tidak hanya berkutat pada kegiatan teknis kepramukaan tetapi juga membuka wawasan pada bidang-bidang keilmuan yang lain.

"Keunggulan Pramuka terletak pada pembinaan karakter yang berwawasan luas dengan cara-cara yang kekinian. Pramuka tetap naik gunung dan cinta lingkungan, tapi dia juga perlu mahir dalam teknologi dan bagus dalam relasi sosial," ujar Yossi kepada para peserta.

Untuk itu, ia membuka kebebasan kepada para pramuka untuk berkreasi sesuai dengan keinginan mereka. Pramuka mewadahi kegiatan tersebut dengan menanamkan pondasi-pondasi karakter yang positif.

"Karena pramuka akan menjadi pemimpin masa depan, pemuda yang teladan dan menjadi harapan bangsa ini ke depan," tandas Yossi.

Puncak peringatan HUT Ksatria Usadhatama ke-50 akan diisi dengan kegiatan yang lebih gebyar. Acara direncanakan akan bertempat di Taman Tegalega pada 14 Mei 2017 mendatang. Fun walk, color run, bazaar, dan pentas seni akan menyemarakkan acara. Panitia telah menyiapkan bintang tamu artis papan atas yang akan menjadi kejutan untuk masyarakat Kota Bandung. 

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One