Headlines News :
Home » , , » Hadadi: Perkembangan Jaman, Era Revolusi Industri 4.0 Harus diikuti

Hadadi: Perkembangan Jaman, Era Revolusi Industri 4.0 Harus diikuti

Written By Liputan Jabar on Rabu, 26 September 2018 | Rabu, September 26, 2018


Lembang, Liputanjabar - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat DR. Ahmad Hadadi minta seluruh sekolah di Jabar untuk mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu, keberadaan Internet Sehat sangat dibutuhkan dan harus ada di sekolah-sekolah. Apalagi saat ini sudah era revolusi Industri 4.0.

Menurut Hadadi,.dunia pendidikan di Jawa Barat harus mengikuti perkembangan zaman terutama di era revolusi industri 4.0. Dengan mengikuti perkembangan zaman, pendidikan di Jawa Barat bisa bersaing dan berkembang di kancah nasional.

Bahkan kita berharap, mampu menghasilkan rumusan-rumusan langkah dalam proses pengunaan internet sehat di kalangan siswa, kata Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Ahmad Hadadi saat menghadiri acara Penyusunan Program Internet Sehat untuk SMA, SMK dan SLB yang diselenggerakan oleh Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKomDik) Dinas Pendidikan Jawa Barat di Hotel Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (25/9/18).

Dikatakan, di era sekarang, kalau bahasa sundanya, kita haru ngigelan zaman, mengikuti perkembangan zaman. Kalau enggak, ya kita pasti dilewati (tidak berkembang). Ini harus dirumuskan sehingga pendidikan di Jawa Barat dapat menjadi yang terunggul dan menjadi yang terbaik, minimal di level Nasional.

Ia menambahkan, secara nasional, peringkat Jawa Barat masih berada di peringkat empat, ini terlihat dari pencapaian Jawa Barat di ajang Olimpiade Sains Nasional dan Olimpiade Olahraga Siwa Nasional.

“Kita masih juara empat di tingkat nasional. Mari kita tingkatkan lagi kesatuan, baik SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Kita harus juara di seluruh satuan pendidikan, semua harus maju,” tutur Hadadi.

Program internet sehat ini merupakan turunan dari program Kementrian Teknologi dan Informasi (Kominfo) yang bekerja sama dengan ICT Watch.

Dalam situs resmi Kominfo, Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Markplus Insight, jumlah pengguna internet Indonesia didominasi oleh generasi muda berusia 15-30 tahun.

Mereka berkomunikasi di dunia maya sama seperti mereka berkomunikasi di dunia nyata. Demikian juga informasi yang didapatkan semakin terbuka baik konten positif maupun negatif.

Pengaruh konten negatif sudah sering diberitakan di berbagai media berupa pemuatan gambar porno, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik dan berita bohong.

Selain itu penggunaan jejaring sosial juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah cyberbullying yang biasanya menimpa anak-anak dan sesama remaja. Bahkan kejahatan dunia maya yang dikenal sebagai cybercrime sudah sampai pada peretasan situs-situs penting dalam negeri.

Untuk menghindari kejahatan di dunia maya, selalu ditekankan prinsip dasar yang harus diketahui dalam menggunakan internet.

Prinsip dasar di dunia nyata berlaku pula di dunia maya. Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat. Red/Lan
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One