Headlines News :
Home » , , » Pemkot Bandung Kukuhkan Duta K-LIK dan Duta Baca 2022

Pemkot Bandung Kukuhkan Duta K-LIK dan Duta Baca 2022

Written By Liputan Jabar on Selasa, 08 November 2022 | Selasa, November 08, 2022

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperkuat peningkatan literasi di Kota Bandung dengan mengukuhkan empat duta K-LIK (Kios Literasi Kewirausahaan dan Kewilayahan) dan Duta Baca Kota Bandung 2022 di Aula SMA Krida Nusantara, Selasa 8 November 2022.

Keempat Duta K-LIK yang dilantik mewakili Kecamatan Cibiru, Panyileukan, Ujungberung, dan Gedebage.

Dengan begitu, saat ini ada 7 wilayah di Kota Bandung yang memiliki Duta K-LIK, antara lain Kecamatan Cinambo, Cibeunying Kidul, Sukasari, Cibiru, Panyileukan, Ujungberung, dan Gedebage.

Ketua TP PKK yang juga merupakan Bunda Literasi Kota Bandung, Yunimar Mulyana berharap, dikukuhkannya Duta K-LIK dapat meningkatkan indeks literasi di Kota Bandung.

Selain itu, para Duta K-LIK juga diharapkan dapat mengintegrasikan literasi dengan aktivitas masyarakat sehari-hari, serta program Pemkot Bandung seperti misalnya Kang Pisman.

"Kami memiliki 30 Kecamatan dan 151 Kelurahan. Harapannya, ada duta K-LIK di setiap unsur kewilayahan tersebut," kata Yunimar.

Selanjutnya, akan ada 23 Duta K-LIK yang dikukuhkan Pemkot Bandung untuk memenuhi 30 Kecamatan dengan perwakilan 1 Duta K-LIK.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kota Bandung, Fajar Kurniawan mengatakan, pengukuhan Duta K-LIK Kewilayahan dan Duta Baca Kota Bandung sebagai pertunjukan kegiatan literasi di level kewilayahan.

"Semoga, hasil literasi ini bisa diterapkan dan tidak hanya menjadi wacana saja," katanya.

Di tempat yang sama, Camat Cibiru Didin Dikayuana menyebut, literasi merupakan investasi jangka panjang untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Ia juga menilai, penggunaan gawai di era kemajuan teknologi dan informasi dapat menunjang angka literasi, khususnya di Kota Bandung.

"Mari, latih anak-anak kita untuk membaca, sekalipun via gawai. Setidaknya satu jam sehari," pesannya.

Sebagai informasi, acara ini juga merupakan menuju Festival K-LIK. Adapun para duta K-LIK yang baru saja dikukuhkan antara lain:

1. Desi Nurcahyati (MAN 2 Bandung, Duta K-LIK Kecamatan Cibiru),
2. Ditha Purnamawati (SMK Bhakti Kencana, Duta K-LIK Kecamatan Panyileukan),
3. Keisya Salsabila Senjaya (SMAN 5 Bandung, Duta K-LIK Kecamatan Ujungberung),
4. Sheila Purnama R. Aisy (SMAN 27 Bandung, Duta K-LIK Kecamatan Gedebage).

Sedangkan Muhammad Iqbal Firastra (SMA Krida Nusantara) dikukuhkan sebagai Duta Baca Kota Bandung 2022. 
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One