Headlines News :
Home » , » Pemprov Jabar Terapkan Program 'Ngabaso'

Pemprov Jabar Terapkan Program 'Ngabaso'

Written By Liputan Jabar on Jumat, 23 November 2018 | Jumat, November 23, 2018


Bandung, Liputanjabar - Pemerintah Provinsi Jawa Barat Mulai hari ini, siswa SD hingga SMA dianjurkan berjalan kaki minimal 50 sampai 100 meter sebelum tiba di gerbang sekolah. Ini merupakan program Ngabring ka Sakola (Ngabaso) yang diresmikan oleh Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil di hotel Mason Pine Padalarang, Kamis (22/11/18).

Dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kami, Program ini ada untuk membiasakan siswa berjalan kaki ke sekolah agar lebih sehat. Selain itu, Program ‘Ngabaso’ ini akan meningkatkan interaksi sosial siswa dengan teman sekolahnya, sehingga tumbuh sikap tolerasi dan kekompakan bersama.

"Kita mewajibkan orang tua untuk mengantar anaknya sekolah tapi tidak sampai pintu gerbang melainkan ada jarak radius 50 sampai 100 meter. Mudah-mudahan dengan program ini akan melahirkan anak-anak yang lebih peduli kepada sesama dan punya empat nilai utama," ujar Gubernur Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat mengatakan empat nilai utama tersebut yaitu memiliki kekuatan fisik, kecerdasan akal, akhlak dan nilai spiritualnya. Empat nilai tersebut akan mampu diterjemahkan dalam program pendidikan karakter salah satunya dalam Program 'Ngabaso'.

Dalam penerapan program ini, Gubernur Jawa Barat menganjurkan kepada siswa yang berangkat ke sekolah menggunakan kendaraan umum untuk berhenti 100 mener sebelum tiba di sekolah. Setelah itu siswa dianjurkan berjalan kaki bersama-sama. Siswa juga dapat berfoto bersama saat menjalankan program ini dan mengunggahnya ke media sosial.

"Hari ini kan zaman digital jadi waktu anak berjalan ke sekolah sambil ngabringnya difoto atau divideo, ada keseruan disitu sehingga akhirnya lahir budaya baru di Jabar bahwa anak tidak manja dan mau berjalan kaki ke sekolah," ujar Gubernur Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat pun meminta komitmen dari para guru dan kepala sekolah untuk mensukseskan dan mengawal salah satu program unggulan tersebut.

Lan/Red
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One