Headlines News :
Home » , » Hadapi Industri 4.0, Jokma Gelar Talk Show Ketenagakerjaan

Hadapi Industri 4.0, Jokma Gelar Talk Show Ketenagakerjaan

Written By Liputan Jabar on Kamis, 14 Maret 2019 | Kamis, Maret 14, 2019

Bekasi, Liputanjabar – Dalam industri 4.0 kaum millenial mempunyai peranan penting . karena itu perlu diberikan  pembekalan pendidikan formal, non-formal dan informal yang relevan. Karena mereka yang paling siap lah nantinya akan menghadapi tantangan lebih berat di masa depan. Tugas kita mempersiapkan mereka sebaik-baiknya.

Hal tersebut dikatakan wakil ketua Relawan Jokma Jabar, H Dadan Tri Yudianto, SH., kepada wartawan usai mengisi kegiatan Talk Show Ketenagakerjaan Menuju Industri 4.0  yang digelar Relawan Jokma (Jokowi Widodo-Ma uf Amin), di Srikandi Room, Restoran Margajaya, Jalan Kemakmuran No. 39, Kota Bekasi, Rabu (13/3/2019) malam.

Menurutnya, kaum milenial harus bisa menyikapi arus perubahan yang sudah di depan mata itu. Bahkan, kata Dadan, kaum milenial harus bisa menjadikannya peluang untuk bisnis atau memulai usaha (entrepreneur). Terlebih, era industri 4.0 peran teknologi semakin dominan.

Karena itu, kata dia, Pemerintah terus mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sistem vokasi dengan melakukan kerjasama revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di era industri 4.0.

“Presiden Jokowi memberikan perhatian yang besar terhadap generasi muda untuk Revolusi 4.0 melalui pendidikan vokasi, politeknik, dan balai latihan kerja. Dukungan presiden untuk mendorong ekonomi tersebut melalui pemanfaatan teknologi di semua sektor. Contohnya di bidang pendidikan ada Ruangguru atau di bidang transportasi ada GoJek,” ujar Dadan.

Untuk itu, dirinya mengajak kaum muda Indonesia untuk menetapkan pilihan dalam pilpres nanti kepada pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf.

“Atas kepedulian dan perhatian yang begitu besar dari presiden Joko Widodo dalam menyongsong Industri 4.0, saya mengajak kaum muda Indonesia untuk memilih pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf,” tegasnya.

Selain Dadan Tri, hadir beberapa pembicara lainnya seperti, Rabin Hatari pakar ekonomi, Bimo Wijayanto pakar sosial budaya, dan tokoh Imam Malik Ralibi tokoh pemuda Jawa Barat.

Menghadapi industri 4.0 Imam Malik Ralibi menyoroti pentingnya bidang pendidikan untuk para milenial yang tentunya nanti akan menjadi penerus dan yang akan menghadapi tantangan kedepan.

“Saya konsennya tentang bagaimana menyiapkan SDM yang hari ini harus beradptasi dengan perubahan-perubahan. Pendidikan kalau tidak menghasilkan orang berubah ya masalah, dari yang tidak tau menjadi tau, dari yang gak bisa menjadi bisa, gak paham jadi paham” kata Imam.

Setidaknya,  ada tiga hal yang tidak boleh hilang dalam pendidikan, yakni improvement (perubahan), Development (berkembang), empowerment (pemberdayan).

“Konteks berkembang itu, pendidikan itu mencetak generasi bagaikan sebuah pohon, dari biji menjadi tunas, tunas menjadi batang, cabang, berdaun, berbunga, berbuah, buah matang jatuh busuk dan dari buah yang busuk tadi menjadi tunas, tunas terus tumbuh berkembang menjadi pohon begitu seterusnya,” ujarnya

Ditambahkannya yang hebat dari pak Karno kita ambil, yang hebat dari pak Habibie kita ambil, demikian juga dari Gusdur, Bu Mega, pak SBY dan hari ini pak Jokowi.

“Kalau suatu saat diantara kita ada yang jadi presiden, maka buatlah karya gemilang, terus wariskan kebaikan kepada generasi berikut. Jadi berkesinambungan yang baik dari generasi sebelumnya harus kita hargai dan kita gunakan,” tuturnya.

Dalam mempersiapkan SDM ini, kata Imam, pemerintah sangat konsen mencetak generasi yang handal. Salah satu nya melalui program kartu pra kerja yang diluncurkan oleh Pa Jokowi.

Gus

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One