Headlines News :
Home » , » 80 Atlet Kota Bandung Bakal Berlaga di Pesonas 2022

80 Atlet Kota Bandung Bakal Berlaga di Pesonas 2022

Written By Liputan Jabar on Rabu, 29 Juni 2022 | Rabu, Juni 29, 2022

BANDUNG - Sebanyak 80 atlet Kota Bandung menjadi bagian dari kontingen Jawa Barat yang akan mengikuti Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) yang digelar oleh Special Olympic Indonesia (SOIna) di Semarang, Jawa Tengah pada 3-8 Juli 2022 mendatang.

Pesonas merupakan ajang yang berisi kompetisi 12 cabang olahraga dan kegiatan lain seperti seni, budaya, kongres keluarga dan pemuda SOIna hingga pemeriksaan kesehatan. 

Sedangkan para atlet Kota Bandung akan mengikuti 11 cabor yang dipertandingkan.

Terkait hal itu, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap atlet yang akan berlaga mampu menorehkan prestasi di ajang tersebut.

Yana memastikan, Kota Bandung melaksanakan pembinaan dengan baik untuk menghadapi setiap kompetisi. 

"Kompetisi yang diikuti ini membuktikan Kota Bandung melakukan pembinaan," katanya saat menerima Pengurus Special Olympics Indonesia (SOIna) Kota Bandung, di Balai Kota Bandung, Rabu 29 Juni 2022. 

Sementara itu, Ketua SOIna Kota Bandung, Abdul Karim menerangkan, beberapa cabor di antaranya, tenis meja, bulu tangkis, sepak bola, futsal, senam, renang, bocce, bola basket, dan voli.

"Ada jumlah Atlet yang akan mengikuti perlehatan nantinya itu 80 atlet untuk 11 cabang olahraga dan 15 pelatih," jelasnya. 

Ia mengungkapkan, para atlet berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Bandung. 

"Umur minimal 16 tahun, untuk atlet bukan hanya dari sekolah saja namun dari SLB yang ada di kota Bandung," katanya. 

Ia membeberkan, pada tahun 2018, Jabar meraih 12 medali emas dan 9 di antaranya disumbangkan oleh atlet Kota Bandung.

Ia berharap, tahun ini lebih mendapatkan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya. 

"Karena jumlah atlet tahun ini lebih banyak, diharapkan kita dapat lebih banyak lagi emas dari tahun lalu ," tuturnya. 

Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) ke-1 Tahun 2022 merupakan agenda 4 tahunan sebagai pembaharuan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOINA yang sudah digelar sejak tahun 1990, bagi atlet bertalenta khusus (penyandang disabilitas intelektual).

PeSONas ke-1 Tahun 2022 akan digelar pada tanggal 3-8 Juli 2022 di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah tidak hanya mempertandingkan cabang olahraga, namun juga pementasan seni budaya, bagi atlet-atlet bertalenta khusus dari seluruh Indonesia. 

Ini juga merupakan ajang seleksi atlet yang akan mewakili Indonesia pada event Special Olympic World Summer Games Tahun 2023, di Berlin, Jerman. 
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One