Headlines News :
Home » , » Wujud Kolaborasi Pendidikan ,Kadisdik Jabar Dukung Sekolah Pemuda

Wujud Kolaborasi Pendidikan ,Kadisdik Jabar Dukung Sekolah Pemuda

Written By Liputan Jabar on Senin, 13 Juli 2020 | Senin, Juli 13, 2020


Bandung, Liputanjabar -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah meresmikan program "Sekolah Pemuda" yang digagas Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jabar, bekerja sama dengan Universitas Al-Ghifari. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi pun sangat mendukung program tersebut.

"Untuk mewujudkan Jabar juara lahir batin, kolaborasi seperti ini tentu harus dilakukan," tutur Kadisdik di Gedung DPD KNPI Jabar, Jln. Soekarno-Hatta No.623, Kota Bandung, Senin (13/7/2020).

Khusus untuk program kejar paket, Kadisdik mengatakan, ke depan diharapkan para peserta bertambah banyak. Hal tersebut penting guna mendongkrak rata-rata lama sekolah di Jabar yang saat ini masih 8,37 tahun.

"Ke depan, sifatnya bisa merangkul ribuan siswa untuk bisa masuk ke kejar paket tersebut guna menuntaskan capaian indikator rata-rata lama sekolah," jelasnya.

Setelah lulus, Kadisdik berharap, para pemuda ini diharapkan mampu memberdayakan desa tempatnya tinggal. "kita berharap, kolaborasi dengan Sekolah Pemuda ini bisa melangkah ke kegiatan dan pendidikan pelatihan untuk mengembangkan potensi yang ada di desanya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Program Sekolah Pemuda KNPI, Imam Syafei menjelaskan, ada 500 pemuda yang mengikuti program tersebut. Jumlah tersebut terbagi dari beberapa tingkat pendidikan. Yakni, 100 pemuda di tingkat pendidikan paket A, 100 orang pendidikan paket B, 200 pendidikan paket C, dan 100 pemuda menjadi mahasiswa Universitas Al-Ghifari yang akan berkuliah di jurusan administrasi negara dan hubungan internasional.

Para pemuda yang mengikuti Sekolah Pemuda ini, menurutnya, merupakan pemuda yang memiliki keterbatasan dalam melanjutkan pendidikan. Mulai dari ketidakmampuan ekonomi, pengangguran, dan masalah lainnya. Hasil dari program ini bukan hanya memberikan ijazah, tapi juga mendorong keterampilan para pemuda. "Kita dorong keterampilan sesuai bidang dan keahlian," pungkasnya.

Lan
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One