Headlines News :
Home » » Bandung Siapkan Kalender Kegiatan 2016

Bandung Siapkan Kalender Kegiatan 2016

Written By Liputan Jabar on Senin, 15 Februari 2016 | Senin, Februari 15, 2016

Bandung, LJ- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mewakili Pemerintah Kota Bandung saat ini memiliki antusiasme dan komitmen yang kuat untuk menumbuhken, mengembengkan, memajukan dan menjaga kegiatan-kegiatan seni dan budaya , hiburan kepariwisataan secara menyeluruh dalam skala prioritas dukungan dan inisiasi.

Dengan perkembangan industri pariwisata yang semakin cepat dalam mendorong cepat tumbuhnya jaringan transportasi , teknologi komunikasi dan pemasaran elektronik yang secara langsung telang memotong batas-batas yang sebelumnya ada, hal ini mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung tengah mempersiapkan serangkaian program dan fokus guna mengkomunikasikan citra positif dari pariwisata yang dimiliki Kota Bandung.

Guna mendukung hal tersebut Disbudpar Kota Bandung menyiapkan “ Calendar of Event” sebagai cara menonjolkan potensi dari kegiatan-kegiatan pariwisata yang dimiliki Kota Bandung dan sekaligus memperkenalkan Kota Bandung kepada wisatawan domestic maupun internasional.

Harapan terbesar Disbudpar Kota Bandung adalah terciptanya kerjasama yang berkesinambungan antara unsur masyarakat dan stakeholders pariwisata demi terciptanya perkembangan pariwisata yang berkelanjutan.

Berikut “Calendar of Event”  Kota Bandung 2016


Cap Go Meh Bandung.
Adalah festival budaya yang mengusung semangat kebersamaan  dan digelar disejumlah wilayah di Kota Bandung. Dilaksanakan bulan Februari.

Asian African Carnival.
Adalah event untuk memperkenalkan objek wisata dan kuliner Indonesia , khususnya Bandung dengan mengundang warga untuk berpartisipasi guna merayakan peristiwa bersejarah Konferensi Asia Afrika tahun 1955 yang dilaksanakan bulan April.

Festival of Nations.
Merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh HIMA Program Studi IlmuHubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Acara ini digagas untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan mancanegara kepada masyarakat Bandung. Tahun 2016 ini mengusung tema Chromatic East,  yaitu Indonesia timur sebagai tuan rumah penyelengara pameran budaya mancanegara dilaksanakan bulan April.

Indonesia Hijab Fest.
Ajang tahunan untuk para pencinta mode muslimah, dilaksanakan bulan April.

Manglayang Midang.
Kegiatan yang telah dilaksanakan sebanyak kurang lebih 51 kegiatan seni budaya sejak tahun 2010. Manglayang Midang menghadirkan seni dan budaya beragam dalam setiap pagelarannya antara lain, Pencak Silat, Karinding hingga tarian tradisional. Dilaksanakan bulan April.

Kampoeng Jazz.
Kegiatan yang diadakan setiap tahun hadirnya kampoeng Jazz di Bandung bagai oase bagi penikmat Jazz di kota Bandung. Dilaksanakan bulan Mei.

Eid Festival
Acara yang diadakan setiap bulan Ramadhan menjelang Hari Raya Iedul Fitri. Acara ini dilaksanakan hamper satu bulan dimeriahkan lebih dari 70 booth. Dilaksanakan setip bulan Ramadhan.

Pasanggiri Calung Kota Bandung.
Diadakan guna membangkitkan rasa semangat seniman-seniman sunda dalm mengeksplorasi rasa kreativitas dan inovasi yang dimilikinya untuk menghadirkan suatu yang baru dan menarik. Dilaksanakan bulan Juli.

Keuken.
Dalam bahasa Indonesia berarti dapur, adalah festival kuliner berkonsep urban Life Style yang berisikan tenant-tenant makanan . Dilaksanakan bulan Agustus.

Milangkala Bandung Festival 
Adalah rangkaian acara selama bulan Agustus hingga Oktober. Acara diadakan sejak tahun 2015 dan akan menjadi acara tahunan untuk memperingati hari jadi Kota Bandung.


Bandung Air Show. 
Acara yang diadakan selama 4 hari ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan mengangkat hasil karya anak bangsa terutama bidang Aeromodeling. Dilaksanakan setiap bulan September.
Bandung Culture Folklore.
Event yang sudah dilaksanakan selama 3 tahun ini mengedepankan pertunjukan seni budaya, festival , dan pameran yang bertujuan mendidik masyarakat untuk lebih mengenal budaya leluhur Sunda. Dilaksanakan bulan September.


Pasanggiri Mojang Jajaka Bandung.
Adalah kegiatan tahunan pemerintah daerah Jawa Barat, termasuk Pemerintah Kota Bandung, Kegiatan ini, merupakan salah satu ajang untuk lebih mengenalkan karakter budaya tradisional kepada para nonoman (generasi muda). Dilaksanakan bulan September.

Festival Film Bandung.
Merupakan salah satu ajang penganugerahan film bergengsi yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan dengan warna dan karakternya sendiri. Acara dilaksanakan setiap bulan September.

Anugerah Budaya Kota Bandung.
adalah penghargaan yang diberikan kepada tokoh dan pelaku budaya baik perseorangan maupun lembaga sebagai bentuk dukunga atas karya, karsa, dan eksistensinya lewat hasil karya berkualitas dan berjasa dalam mengharumkan Kota Bandung kearah lebih luas dengan komitmen dan kesetiaannya dalam bidang budaya, seni, sosial, lingkungan dan lainnya. Dilaksanakan bulan Oktober.

Bandung Food Festival.
Festival kuliner yang dikemas dengan konsep “Traditional Food Modern Taste” dengan hiburan para disk jockey (DJ) dan Band Indie performace. Dilaksanakan bulan Oktober.

Hajat Lembur/Hajat Bumi.
Tradisi yang esensinya adalah wujud syukur masyarakat terhadap sang Maha Kuasa. Dilaksanakan bulan Oktober.

Musca Bandung.
Merpakan gelaran festival music dan seni untuk menghidupkan kembali kebahagiaan dan perayaan ruang public dengan deretan pengisi acara menarik. Dilaksanakan bulan Oktober.

Bandung Light Festival.
Adalah event pawai kendaraan hias yang diadakan pada malam hari dengan lampu hias dan alat music tradisional. Diikuti oleh SKPD, Kecamatan dan Instansi Swasta dan digelar pula konser musik dengan seniman dan artis Kota Bandung. Dilaksanakan bulan Nopember.

Anugerah Pesona Pariwisata.
Adalah sebuah acara penghargaan pemerintah kota Bandung bagi pelaku usaha pariwisata untuk kontribusi mereka dalam mwndatangkan wisatawan ke Kota Bandung. Acara ini sudah dilaksanakan sejak tahu 2006. Dilaksanakan setiap bulan Nopember.

Gebyar Seni Reak.
Merupakan salah satu adat istiadat khas Jawa Barat sebenarnya berinti dari seni beladiri Pencak Silat. Reak sendiri dijadikan acara tahunan, makin memperbaiki diri agar menjadi kesenian yang layak tampil, layak tonton dan layak jual. Acara dilaksanakan bulan Nopember.

Bandung Funday.
Adalah event untuk merayakan program Walikota Bandung untuk membuat setiap hari masyarakat Bandung menjadi menyenangkanmuali dari transportasi gratis, hari berbahasa daerah, hingga hari kuliner. Event tahunan ini juga diwarnai dengan berbagai jenis lomba seperti lomba mewarnai dan lomba tradisional. Acara dilaksanakan bulan Desember.

New Years Eve.
Event tahunan di penghujung tahun yang penuh kemeriahan  dengan berbagai macam kuliner khas kota Bandung, Pasar Malam hingga pesta kembang api tersaji lengkap. Acara dilaksanakan bulan Desember.


Selain kegiatan tahunan kota Bandung juga mempunyai acara mingguan yang antara lain, Car Free Day dan Car Free Night yang dilaksanakan sejak tahun 2010 dengan menutup jalan utama agar masyarakat bebas melakukan kegiatan selama tidak menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk melengkapi event-event yang ada di Bandung, Pemerintah kota Bandung juga mempunyai  Bandung Culinary Night yang digelar setiap minggunya, event ini merupakan salah satu langkah awal untuk mengembalikan citra dan karakteristik kota Bandung juga pelestarian jajanan khas yang mulai terlupakan. Disisi lani acara ini bertujuan untuk menghidupkan kembali pola festival sebagai salah satu model kreasi rakyat.

dens

Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One