Headlines News :
Home » » Pemkot Bandung Luncurkan Gerakan Ayo Bayar Zakat

Pemkot Bandung Luncurkan Gerakan Ayo Bayar Zakat

Written By Liputan Jabar on Minggu, 29 Mei 2016 | Minggu, Mei 29, 2016

Bandung, LipJab - Sebagai salah satu negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi zakat sebesar 200 triliun rupiah. Di Kota Bandung potensi zakat diperkirakan mencapai 2 triliun rupiah. Akan tetapi, faktanya pencapaian zakat tidak sebesar itu.


Untuk meningkatkan kesadaran dan memotivasi masyarakat untuk membayar zakat, Pemerintah Kota Bandung bersama Forum Organisasi Zakat meluncurkan Gerakan Ayo Bayar Zakat. Acara tersebut dilaksanakan di Masjid Agung Provinsi Jawa Barat, Minggu (29/05/2016).


Peluncuran gerakan ini ditandai dengan pemberian Kartu Muzakki kepada Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, serta Kartu Mustahik kepada salah satu warga Kota Bandung.


"Kita bikin gampang, kita bikin gaul. Setiap pemberi zakat kita beri kartu namanya Muzakki, setiap penerima manfaat zakat kita beri namanya Kartu Mustahik," kata Emil.


Selain itu, untuk memudahkan pembayaran zakat, telah diluncurkan pula aplikasi digital Ayo Bayar Zakat yang digagas oleh 15 lembaga amil zakat di Kota Bandung.


"Kita ada aplikasi sehingga orang yang bingung tinggal kapan saja ngecek ada kalkulator zakat di situ," tutur Emil.


Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengetahui jumlah zakat yang wajib dibayar karena dilengkapi dengan kalkulator zakat. Pengguna dapat langsung melakukan transaksi zakat dengan cara transfer antar bank. Selain itu, pengguna juga bisa memantau penyaluran zakat yang telah dibayarkan.


Fitur lainnya adalah warga Kota Bandung bisa mendapatkan layanan mobil ambulan gratis yang bisa diakses melalui aplikasi tersebut.


"Alhamdulillah kita ada 25 ambulan," terang Emil.


Solusi Pengentasan Kemiskinan Emil berpandangan bahwa zakat bisa menjadi solusi pengentasan kemiskinan.


"Kita melihat bahwa zakat adalah solusi modern untuk mengentaskan kemiskinan," ungkapnya.


Ia mengatakan, jumlah penduduk miskin di Kota Bandung sekitar 50.000 kepala keluarga. Jika setiap keluarga diberi bantuan sebesar 10 juta pertahun, maka jumlah yang dibutuhkan adalah 500 milyar.


"Mimpi saya 500 milyar, Dengan Gerakan Ayo Bayar Zakat ini saya menghimbau kepada umat Islam yang mampu karena di setiap hartanya itu ada 2,5% yang bukan haknya," tandasnya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One