Headlines News :
Home » , » Minimalisir Bankir Sungai Citarum, Pemkot Bandung Resmikan IPAL Grey Ciko 4

Minimalisir Bankir Sungai Citarum, Pemkot Bandung Resmikan IPAL Grey Ciko 4

Written By Liputan Jabar on Rabu, 10 Mei 2023 | Rabu, Mei 10, 2023

BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung mulai mengoperasikan IPAL Grey Cikapundung Kolot Arena 4 di Taman Ciko, Jalan Babakan Jati, Rabu 10 Mei 2023.

Hal ini merupakan upaya optimalisasi penghijauan dan meminimalisasi banjir pada sekitaran Sungai Citarum.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung Eric M. Attauriq menyebut, kehadiran IPAL Grey Water sebagai salah satu upaya pengelolaan air di Kota Bandung.

Ia berharap, adanya IPAL Grey Water mampu menjadi salah satu sebuah solusi konkrit pemanfaatan sumber air alternatif guna mengatasi defisit air di wilayah Kota Bandung.

"Air limbah yang berasal dari aktivitas domestik, seperti cuci piring dan air mandi yang dapat didaur ulang. Hasil olahannya mampu dimanfaatkan untuk keperluan non portable seperti menyiram tanaman, toilet, mencuci kendaraan, dan kebutuhan outdoor lainnya," ucap Eric.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi menyebutlan, secara teknis nantinya air limbah domestik ini akan diolah melalui reaktor dan hasil olahannya bisa digunakan untuk kebutuhan outdoor.

Ia juga menjelaskan, IPAL Grey Ciko Arena empat memiliki luas 33 meter persegi dan telah ditanami beberapa tanaman, di antaranya 50 tanaman pelindung.

"Di sini juga dibangun ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati oleh masyarakat," ucapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Agus Gunawan menyampaikan apresiasi atas kehadiran IPAL Grey Ciko Arena 4. 

Ia berharap, hadirnya kawasan ini dapat mengurangi pencemaran air sungai yang berasal dari air limbah yang berasal dari rumah tangga.

Agus juga mengajak seluruh masyarakat dapat menjaga fasilitas ini agar manfaatnya terus dapat dirasakan.

"Kepada masyarakat, mari kita sama-sama nikmati dan jaga fasilitas ini," ajaknya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One