Headlines News :
Home » , » Eliminasi Kasus, Bank Bjb Syariah Terapkan CGC

Eliminasi Kasus, Bank Bjb Syariah Terapkan CGC

Written By Liputan Jabar on Jumat, 12 April 2019 | Jumat, April 12, 2019

Bandung, Liputanjabar - Praktik korupsi atau pungutan liar yang terjadi di lingkungan perbankan sebisa mungkin harus dihindari. Selain akan menimbulkan kerugian material, hal tersebut, jika terjadi juga akan memberikan preseden buruk bagi perusahaan.

Untuk bisa mencegah praktik merugikan tersebut, diperlukan sebuah instrumen khusus. Salah satu instrumen yang bisa jadi andalan untuk dipergunakan adalah prinsip tata kelola yang baik alias Good Corporate Governance (GCG).

Bank Bjb syariah sebagai BPD syariah pertama di Indonesia telah menerapkan prinsip tersebut sejak lama. Secara sederhana, GCG ialah sistem pengendalian internal lembaga yang bertujuan menjamin keseimbangan sekaligus menghindari kemungkinan  terjadinya penyelewengan.

Pada praktiknya, GCG ini dijalankan melalui lima prinsip dasar, yaitu Transparency, Accountability, Responsibility, Independency dan Fairness (TARIF) yang telah disepakati oleh seluruh dewan komisaris, direksi dan pegawai.

Secara operasional, bank bjb syariah ikut menerapkan prinsip GCG ini dalam menjalankan usaha mereka dalam upaya pencegahan korupsi via kebijakan antikorupsi. Kebijakan antikorupsi ini terdiri dari prosedur dan program dalam mengatasi tindak pengendapan, balas jasa atau suap dan gratifikasi di Bank Bjb Syariah. Red



Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One