Headlines News :
Home » » Anggaran Naik, Pemkot Bandung Bakal Wujudkan Bandung Caang Baranang

Anggaran Naik, Pemkot Bandung Bakal Wujudkan Bandung Caang Baranang

Written By Liputan Jabar on Rabu, 07 September 2022 | Rabu, September 07, 2022

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus meningkatkan infrastruktur kota. Salah satunya melalui program Bandung Caang Baranang.

Kepala Bidang Kabid Sarana dan prasarana Dinas Perhubungan Kota Bandung, Panji Krismandi mengatakan, untuk mewujudkan Bandung Caang Baranang, pihaknya telah menambah anggaran untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) sejumlah Rp55 miliar. Nilai tersebut naik dari anggaran tahun 2021 yang mencapai Rp30 miliar.

"Dengan Bandung Caang masyarakat akan lebih aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas nya baik itu ekonomi. Kita anggaran di tahun 2022 ini untuk PJU mencapai Rp55 miliar, jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya," kata dia saat menghadiri Bandung Menjawab di Hotel Cipaku, Rabu 7 September 2022.

Saat ini, kata Panji di Kota Bandung terdapat 46.000 PJU. Dari jumlah itu, ada sekitar 2.000 PJU yang dalam kondisi tidak menyala.

Saat ini kendala yang dialami katanya, adalah banyaknya PJU yang terhalang pohon. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan DPKP untuk memangkas ranting dan dahan pohon yang menghalangi jangkauan cahaya PJU

Ia mengatakan, melalui program Bandung Caang Baranang ini ditargetkan seluruh PJU dapat menyala secara maksimal.

"Kita banyak membangun tiang baru untuk mewujudkan Bandung caang. Saat ini kita masih kekurangan 19.000 titik baru. Kita maksimalkan lampu yang ada untuk menyala semua," ujarnya 

Selain itu, ia mengatakan, akan secara bertahap mengganti PJU dengan lampu LED yang hemat energi.

"Nantinya bertahap ganti dengan LED secara energi lebih rendah, efeknya lebih rendah. Program kompensasi nasional dengan mendukung program hemat energi nasional," kata dia.

Dalam melaksanakan program tersebut, Dishub Kota Bandung pun dibantu pihak kewilayahan. Ia pun mengaku telah membentuk tim yang akan diturunkan sebagai koordinator.

"Dishub tidak bisa bekerja sendiri. Kita sudah silaturahmi dengan seluruh camat tentang Bandung Caang Baranang. Kita punya 8 regu, semua sudah disebar ke wilayah. Apabila ada kendala bisa menghubungi mereka," ujarnya.

Ia berharap ada kolaborasi seluruh stakeholder dan elemen masyarakat untuk mensukseskan program tersebut.

"Perlu adanya partisipasi dan kolaborasi masyarakat yang menginisiasi untuk swadaya pemasangan PJU, kami siapkan lampunya," katanya.

Untuk diketahui, di Kota Bandung terdapat 17 ruas jalan nasional, 48 ruas jalan provinsi dan 3185 ruas jalan Kota. Status itu juga berkaitan dengan kewenangan pengelolaan jalan.

***
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016. LiputanJabar.com | Akurat Terpercaya .
Kontak Redaksi | Designed By Bang One